Senin, 24 Oktober 2011

KIMCIL..!!

kimcil.
saya mendengar dan mengetahui kata ini akhir-akhir ini.
awalnya saya bingung apa sih arti kimcil itu?
banyak versi yang saya dapet tentang definisi kimcil, seperti berikut :

temen 1 --> kimcil tu anak-anak SMA yang sok-sok gaul gitu.
temen 2 --> pacar-pacarnya anak band yang rata-rata suka berasa oke dan bangga sama pacarnya yang anak band, padahal bandnya aja ga jelas.
temen 3 --> cewek dengan BBB (Blackberry, Behel, Belah tengah) is kimcil.
temen 4 --> anak cewek yang suka sok imut, sok fashionable, yang kalo jalan ke mall selalu tebar pesona kemana-kemana.
temen 5 --> cewek yang suka sok manja, sok imut, suka cari perhatian orang.
temen 6 --> kimcil tu biasanya anak SMP ato SMA cewek sama cowok yang gayanya hampir menyaingi kegaulan alay.

yaaaa itu baru sebagian pendapat temen-temen saya dari sekian banyak pendapat yang saya dapetin tentang definisi kimcil.
sebenernya saya sendiri ga tau pasti tentang definisi kimcil, yang saya tau kimcil itu imagenya jelek (ga tau juga sih ini bener apa ga).

beberapa temen saya bilang saya termasuk anak kimcil.
(whaaaaaattt??? me???!! kimciil??!!!)

ciihh, kalo ngeliat definisi dari temen-temen saya di atas sih saya ogah dibilang kimcil! yaaa saya emang ga ngerasa kimcil! saya juga bingung mereka ngeliat saya dari sisi apa, sampe saya dibilang kimcil. berikut saya kasih pembelaan saya berdasarkan definisi kimcil dari sebagian temen-temen saya :

temen 1 --> kimcil tu anak-anak SMA yang sok-sok gaul gitu.
faktanya : saya emang masih SMA kelas 3 dan saya ga sok gaul.

temen 2 --> pacar-pacarnya anak band yang rata-rata suka berasa oke dan bangga sama pacarnya yang anak band, padahal bandnya aja ga jelas.
faktanya : pacar saya bukan anak band dan saya ga suka punya pacar anak band.

temen 3 --> cewek dengan BBB (Blackberry, Behel, Belah tengah) is kimcils.
faktanya : saya ga pake Blackberry kalopun saya bawa blackberry itupun punya ayah saya dan saya ga belah tengah rambut saya aja pendek kalo dibelah tengah malah kaya Charlie ST12 dong ?! saya juga ga pake behel, takut kalo makan yg alot-alot nyangkut .

temen 4 --> anak cewek yang suka sok imut, sok fashionable, yang kalo jalan ke mall selalu tebar pesona kemana-kemana.
faktanya : saya ga sok imut, apalagi fashionable. dan kalo ke mall saya ga suka tebar pesona.

temen 5 --> cewek yang suka sok manja, sok imut, suka cari perhatian orang.
faktanya : manjanya saya ga dibuat2 karena dari jaman masih orok saya emang manja. saya juga ga sok imut, apalagi caper. iyuuuh

temen 6 --> kimcil tu biasanya anak SMP ato SMA cewek sama cowok yang gayanya hampir menyaingi kegaulan alay.
faktanya : saya SMA kelas 3 nyambi kerja dikantor ayah saya ngga cukup waktu saya buat gaul-gaulan gitu .


kimcil merupakan singkatan dari �kimpet cilik� atau bisa

juga �kimpol cilik� (bahkan ada juga yang mengartikan sebagai kimplikan

cilik). Secara terminologis kimcil diartikan sebagai cewek-cewek ABG,

lebih khususnya cewek-cewek ABG yang kemayu, centil, sok imut. Biasanya

kimcil-kimcil ini haus akan pengakuan dan eksistensi, bahkan dalam

lingkungan anak band (khususnya band �indie/underground�) terkadang

kimcil sering dikaitkan dengan groupies.

Range umur mereka antara 15 � 18 tahun, tampil modis dengan baju-baju

distro, berlagak sok aneh/freak, suka cari perhatian dengan cara

bertingkah sok nakal demi pengakuan (termasuk di dalamnya : merokok,

minum-minuman keras, bertingkah sok bitchy), terkadang over kemayu dan

sok manja demi mencari perhatian.

Belakangan ini, di lingkungan musik cutting edge Yogyakarta, fenomena

kimcil sedang mengalami euforia. Jika pada beberapa tahun ke belakang

acara musik cutting edge hanya melulu didominasi kaum adam nan sangar,

sekarang kita dapat dengan mudah menemukan gadis-gadis remaja nan wangi

dalam berbagai acara musik cutting edge.

Sebuah fenomena yang wajar sebenarnya, mengingat perkembangan lalu

lintas komunikasi dan informasi yang sedemikan dahsyatnya. Sekarang ini

informasi tentang hal-hal yang berada di luar mainstream semakin mudah

di dapat. Subkultur dan musik cutting edge seperti HC/punk, emo,

indie-pop, shoegaze, dan lain sebagainya yang dulu dianggap aneh

sekarang dianggap keren. Sekarang ini bagi sebagian remaja, semakin

kita berusaha terlihat aneh maka kita akan dianggap semakin keren.

Justru mereka yang terlalu mengikuti tren mainstream justru akan di cap

sebagai alay and that�s so uncool.

Hal seperti tersebut di ataslah yang memotivasi banyaknya remaja-remaja

untuk ingin terlihat cool dengan cara mengikuti subkultur cutting edge,

pencarian akan pengakuan ini mengirim mereka ke sebuah dunia baru,

sebuah neverland bagi jiwa-jiwa tersesat yang melarikan diri dari

tekanan dunia orang dewasa. Tekanan yang telah merenggut hak-hak

bermain dan berekspresi mereka. Lihatlah bagaimana remaja sekarang ini

sedari kecil sudah didesak oleh segala kewajiban akademis mereka,

kebebasan bermain dan berekspresi mereka pun tergerus oleh laju

pembangunan yang semakin berorientasi profit tanpa mengindahkan berapa

banyak jiwa yang rusak.

Tapi sayangnya lagi, kehadiran mereka di �neverland� baru ini ternyata

juga masih tak lepas dari eksploitasi orang yang lebih tua. Beberapa

orang dewasa dalam neverland ini hanya memandang gadis-gadis remaja itu

hanya sebagai obyek semata, kehadiran mereka hanya dianggap sebagai

bunga yang menyediakan madunya untuk dihisap ramai-ramai dan akhirnya

gadis-gadis remaja itu akan layu sebelum berkembang.

Kehadiran gadis-gadis remaja tersebut bukanlah hal yang salah, tingkah

mereka yang terkesan ingin mencari eksistensi karena memang mereka

sudah kehilangan eksistensi jiwa mereka sedari kecil, tingkah mereka

yang terkesan mencari perhatian karena memang jiwa mereka butuh

perhatian with them guys !

sampai sekarang definisi kimcil ini masih abstrak di pikiran saya.
tapi mau apapun definisi kimcil, orang 'berlabel' kimcil itu tetep aja manusia, yang punya hati dan perasaan, punya kekurangan dan kelebihan, dan kehidupannya pun berputar, kadang di atas dan kadang di bawah. so.. don't underestimateys.. :)

3 komentar: